Berita

  • Home -
  • Detil Berita

USS dan HaKI Launching Kampus Energi Bersih

Dalam rangka mewujudkan “Kampus Energi Bersih” dengan PLTS Tenaga Surya, Universitas Sumatera Selatan (USS) Bersama Hutan Kita Institute (HaKI) beserta sejumlah pihak termasuk IESR dan PINUS menyelenggarakan Kerjasama dan Launching “Kampus Energi Bersih”. Peresmian dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc dan Rektor Universitas Sumatera Selatan Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, Ph.D di Kampus A USS, Jl. Talang Ratu, Km.5 Palembang, Kamis (24/8/2023).

Dalam gelaran bertajuk “Energi Bersih Goes to CampUSS” itu, diselenggarakan juga Talkshow dan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), serta Pameran Program Studi USS. Hadir juga narasumber dari Pemprov Sumsel antara lain Kepala Dinas ESDM Prov Sumsel Hendriansyah, ST, M.Si, Rektor USS H. Yudha Pratamo Mahyuddin, ST, M.Sc, PhD, Direktur Eksekutif HaKI Deddy Permana, S.Si, Direktur IESR Rizky Mahfudz Prasetyo, ST. 


Rektor USS, H. Yudha Pratomo Mahyuddin, ST, M.Sc, Ph.D mengatakan, sangat penting peran institusi pendidikan dan mahasiswa dalam mendukung terwujudnya transisi energi untuk pembangunan daerah berkelanjutan. Pelaksanaan MoU ini dimulai dari penggunaan energi bersih PLTS untuk perpustakaan dan kampus USS.  

Sementara, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan, Hendriansyah, ST, M.Si mengetengahkan tema Upaya Percepatan Transisi Energi di Sumatera Selatan. Disusul dengan tema dari Direktur HaKI Deddy Permana, S.Si yaitu peran masyarakat daerah dalam mendorong pemanfaatan energi surya. 

Hadir pula pimpinan Bappeda, Dinas ESDM, PT. PLN IUD S2JB, dari Direktur Pinus, WALHI Sumsel, LBH Palembang, Spora Institute, Perkumpulan Sumsel Bersih, serta tamu undangan dari pimpinan dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)/Himpunan Mahasiswa (HIMA) dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Wilayah LLDIKTI Wilayah II, khususnya di Kota Palembang. “Acara ini didukung penuh pula oleh Ketua Yayasan P4SS Ibu dr. Hj. Halipah Mahyuddin, SpTHT, MM, para jajaran Rektorat USS, Wakil Rektor I Ibu Dr. Ir. Leila Kalsum, MT, Wakil Rektor II Bapak Rabin Ibnu Zainal, SE, M.Sc, Ph.D, serta jajaran Dekan, Kepala Lembaga, Ka.Prodi, Civitas Akademika di lingkungan USS, serta panitia bersama Kerjasama dan Launching Kampus Energi Bersih,” ujar Ketua Panitia, H. Agus Srimudin, S.Pd.I, M.I.Kom.


Untuk kerjasama dilakukan penandatanganan MoU antara Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, Ph.D dengan Direktur HaKI Deddy Permana, S.Si, dilanjutkan MoU Rektor USS dengan Kepala LPPM USS, Selly Ratna Sari, S.Pi, M.Si tentang Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2023 sebesar Rp237.932.000 dan Pendanaan Program Mahasiswa Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp154.710.000. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong.(*)